Mengurus Paspor di Kanim III Bekasi

Seminggu yang lalu demi menyukseskan our plan tahun depan. Maka buat paspor dong ya biar lancar. Saya bikin paspor buat saya sendiri dan buat Hanif.
Bersuhu pada mbak Dini, saya memulai dengan pra-pendaftaran via website-nya.

Tapi sebelumnya scan dulu tuh dokumen2 penting pribadi kita dengan scan kudu item-putih terus ukurannya maks 300kb.

Dokumen yang dibutuhkan buat dewasa adalah :
1. KTP
2. KK
3. Akte kelahiran / buku nikah (bagi yang sudah nikah)
4.  Surat rekomendasi dari kantor ( bagi karyawan)

Sedangkan untuk Hanif atau dibawah 17 tahun :
1. Akte kelahiran
2. KK
3. Buku nikah Ortu
4. KTP ortu ( salah satu aja)
5. Paspor ortu (salah satu aja)

Udah semua discan kita musuk lah ke websitenya.

Step 1

Disana masukkin data2 aja.

Step 2

Standarlah…terus upload2 deh dokumen2 yang dibutuhkan

Step 3

terus kita pilih deh kantor imigrasi tempat kita daftar nanti dan juga tanggal kita mau kesana (paling cepat sih sehari setelah berhasil daftar online)

Step 4

Setelah itu keluarlah tanda pra pendaftaran yang berbentuk pdf,

Bukti Pra Pendaftaran Harus dibawa nanti pas kita ke Kanim

Yang punya Hanif lancar  keluar pdf-nya na yang punya saya kok saya tungguin ga keluar…need help nih, BBM mbak dini kok pdf-ku ga keluar. Kata mbak din, nanti bakalan dikirim via email. Tapiiii kok udah beberapa jam belum muncul juga tuh di email saya. Yo wis akhirnya daftar ulang lagi. Daan yang ini berhasil pdf langsung keluar. Alhamdulillah.

Hari Pertama :
Beberapa hari kemudian di hari yang ditentukan kalo saya harus datang ke kantor imigrasi itu untuk mendaftar kembali di kantor imigrasi. Oh iya saya pilih Kanim Bekasi kelas III Bekasi yang mana tempatnya nyempil banget. Temen2 saya yang rumahnya Bekasi pada ga tau dimana letak Kanim itu. Ini ya yang ga tau Kanim III Bekasi, ini saya kasi alamatnya.

Kantor Imigrasi Kelas III Bekasi

Jl. Ahmad Yani No 2 Bakasi

Telp 021-88959671 Fax 88959416

Pokoknya kalo dari  jalan Sudirman Bekasi masuknya di jalan sebelah dealer KIA bekasi. Komplek GOR yang tiap minggu pagi ada pasar kaget.

Saya bertekad berangkat pagi2 dari rumah. Paling lambat berangkat jam 06.30 padahal jarak rumah ma kanim ga jauh lho tapi antisipasi macet dong jam segitu kan macet2nya tuh. Dan bukanya pelayanan kanim mulai 08.00. Si Hanif jam segitu masih belum bangun dooong, sesuai rencana, kalo Hanif belom bangun kita angkut aja. Di washlap di mobil, sarapan dan ganti baju di mobil.

Sampai kanim jam 07.00 yaa ampun itu orang2 udah pada ngantri aja udah rame. Walopun jam pelayanan belum dimulai. Tapi pintu kanim udah dibuka dan semua yang mau ngurus paspor udah pada duduk di kursi tunggu.

Kanim ini kecil banget, malah ga terlalu kayak kantor lebih mirip kayak kelurahan, ya namanya juga kelas III yah…

Dan ternyata saya harus beli map kuning form surat pernyataan dan form biodata yang harus diisi serta materai untuk surat pernyataannya. Tapi tempat penjualan di kanim belum buka. Jadilah saya ngantri di depan penjualan map kuning itu. Jam 07.45 tu tukang fotokopi baru buka. Langsung belilah map sepaket  + materai @ Rp. 15.000 ,-

Langsung saya isi form biodata dan pernyataannya. Punya Hanif juga saya isiin. O iya untuk anak kan disuruh isi No Identitas ya. Isi aja No KTP ortu (salah satu aja). Semua yang diisi persis sama yang diisi waktu online. Yang bikin bingung, kalo udah input online kanapa musti ngisi lagi siiiih….? Ya udahlah saya ga mau ikutan mikir. Terus isi map selain form dan surat pernyataan yang kita beli di Kanim juga semua fotokopi dokumen diatas (KTP, KK dsb dsb), garuk2 mikir kok jadi dobel2 ya? di upload di website juga serahin fotokopi2 juga…

Untuk paspor anak ada surat pernyataan orang tua. Sebelumnya saya bikin sendiri pake format yang download di internet pake materai, walopun saya tau ada form khusus dari kanim. Ya sapa tau ga pake form kanim tapi kalo isinya sama gapapa. Tapi ternyata tetep disuruh isi yang punya kanim :) . Surat pernyataanya bermaterai juga.

Udah semua data lengkap baru deh ambil no antrian untuk verifikasi dokumen. Kalo yang saya baca di blog2 orang inilah perbedaan daftar online ama daftar offline, loketnya dibedain dan lebih cepat, di kanim III Bekasi ini engga dong. Antriannya samaa…dan lamaaaaa…. :(

Verifikasi data adalah mencocokkan dokumen fotokopi yang kita kumpulin dengan yang aslik. Jadi semua dokumen aslik harus dibawa ya. Untuk antisipasi saya bawa juga tuh asli ijasah takut ditanyain (tapi ternyata ga ditanyain). Na udah  semua dicek dan ok, barulah kerasa bedanya yang udah daftar online ama yang engga. Jadi kalo yang udah online harusnya bisa hari itu juga bayar dan foto, tapiiii pas dicek ternyata punya kami, yang ke-detek di online cuman 2 dokumen. Lho kok isooo….? jangan ditanya deh mereka juga ga tau. Yo wis paling cepat besok paginya bisa bayar dan foto. Kalo yang ga pake online, bisa baru 3 hari balik lagi ke Kanim. Akhirnya aku menemukan juga kelebihan daftar online dulu…. :)

Loket verifikasi dokumen

Kita dikasi tanda terima pendaftaran buat pembayaran besok pagi, berikut penampakannya.

Tanda Terima Permohonan

Hari pertama kelar, padahal tadi sebenarnya ga ngajak Hanif juga bisa, tapi kan antisipasi kalo-kalo bisa foto hari itu juga. Ternyata memang harus 2 hari… :(

Hari Kedua

Kembali kami berangkat pagi-pagi dan lagi2 Hanif belum bangun. Angkut Hanif ke mobil dan Hanif melanjutkan tidur nyenyaknya di mobil. Perbekalan kami sudah sangat lengkap sama seperti hari pertama. Bekel Hanif, sarapan buat saya….di jalan bisa sambil minum teh panas….

Bobo…dan persiapan Hanif di tempat parkir

Sampai Kanim masih jam 07.00 pagi juga dan lagi2 orang-orang udah banyak bangett….sementara Hanif maen2 dan sarapan di halaman Kanim, saya masuk dan langsung ngatri-in form tanda terima permohonan kemaren di sebuah meja yang disiapkan untuk ngumpulin antrian. Dan tinggal nunggu dipanggil untuk bayar. Jam 08.00 barulah dipanggil satu2. Karena datang pagi kami dapat nomor awal.

Hanif dan saya udah siap dipanggil, sambil nunggu Hanif ditanya2 ama ibu-ibu yang ngantri juga :

Ibu-ibu (I) : Adek mau kemana, kok kecil2 bikin paspor

Hanif  (H): Kakak, kakak Hanif (Hanif mengoreksi, iya dia seneng bgt dipanggil kakak)

I :  O iya, kakak Hanif mau kemana?

H : Mau ke Errrropaaaaa (Saya bengong, nah lho dia masih inget aja mau ke Eropa)

I : Wah hebat mau ke Eropa, mau ngapain ?

H : Mau liat Parissss….tapi tapi mau nabuuuung duluuuu….

Si ibu ketawa,,,,saya juga, saya bilang ke si ibu, engga kok bu belum cukup uangnya ke Eropa….kekekkeek Amiiiin….

 

Udah bayar ngantri lagi tuh di depan ruangan foto dan wawancara. Kami udah standby, Hanif dapat no 6 sedang saya no 7. Pas yang difoto no 5 dan kayaknya udah mau kelar si Hanif dong tiba2 mau pup….ya Ampuuuun jangan sekarang doooong….

H : Mama, hanif mau ee’

S: Haaa? jangan sekarang dooong, aduuuuh tahan ya dikiiiit lagi ntar lagi Hanif lho….foto aja sebentar ya….

H: Mama, mau sekarang aja….(mukanya keliatan emang pengen pup…)

Terus no 6 dipanggil deeeh dan buru2 kami masuk…si Hanif udah gelisah aja, pas difoto jadi ga fokus, yang harusnya sebentar, ini jadi lama karena mukanya yang aneh (ya eiyalah namanya juga nahan pup, Hanif jadi ga konsentrasi) yang garuk2 lah (kalo garuk2 pasti karena dia ga mandi kekekek :) ) yang matanya liat atas lah, dan bibirnya digigit lah,,,,haduuuuh jadi kacau gara2 kebelet pup. Akhirnya dapat deh fotonya cuman ya itu muka Hanif jadi aneh….beneran nahan pup lhooo….Haduuuuh padahal mau dipakai 5 tahun kedepan. Tapi yo wislah pasrah…namanya juga balita. Abis foto Hanif langsung dibawa bibi ke toilet ga ikut wawancara. Dan bener dooong dia pup banyak bangeeeettt… :D

Wawancara, cuman ditany2 dikit aja, tanggal lahir, mau kemana. Saya udah siapin suarat kuasa kalo2 ditanya mana Bapaknya. Tapi untungnya ga ditanyain tuh. Kalo di Bandung kata mbak Dini ortu dua2nya harus mendampingi, ternyata di Bekasi enggak.

Selesai deh. Keluar Ruangan wawancara pas jam 09.02 asyiiiik….kata petugas saya disurh ambil hari Senin 11 Juni 2012. Berarti seminggu sejak hari pertama Seni 4 Juni 2012.

Hari Ketiga

Hari ketiga tuh cuman ngambil aja kalo di Kanim III Bekasi pengambilan paspor cuma bisa dimulai jam 13.30. Pas nya,mpe ke kanim itu kanim rameee bnget antrinya sampe keluar2 kalo pagi yang saya bilang udah antri siang malah 3 kali lipatnya padahal saya datang tuh jam 15.00 lho….

Tumpuk tanda terima pembayaran di loket pengambilan nunggu 30 menit baru deh dipanggil. Akhirnya jadi deh paspornya.

Wajah menahan pup,,,,Oalah le-le,,,

 

Di Kanim III Bekasi masih banyak saya liat biro jasa calo  yang ngurusin paspor2 orang. Dan bawaannya banyak banget 1 orang bisa sampai 10 map alias 10 rang klien. Terus karena customer service-nya kalo siang ga ada orang yang mau nany2 langsung ke loket yang mana mengganggu petugas sehingga antriannya jadi lama… capedeh…

Sebenarnya sih bisa pake calo datang pas foto doang, tapi ka sayang cyiiin uangnya bisa buat yang lain….mending buat jajan pas liburan ya ga sih, Toh juga kan 5 tahun sekali ini repotnya. #pembenaran makirit hehehe :)

About these ads

43 thoughts on “Mengurus Paspor di Kanim III Bekasi

  1. gyahahaah bisa gitu pas bgt mules disaat injury time jangan2 dia nervous kalo nervous kan jadi muls #dibahas. tp sampe 5 taun ke depan pasti keinget2 ceritanya

    • ya iyalah mbak 5 taun kedepan ingat, lha wong tiap liat paspornya si Hanif ketawa-ketawa.

      “mama, Hanif kebelet ee’ ya? ” katanya pas liat paspornya udah jadi…
      Iya kali ya nervous,,,hehehehe

  2. Pusing deh kalo udah berurusan dgn birokrasi di Indonesia, msh untung Mbak Pungky rumahnya deket dgn kantor imigrasi, kalo aku ngurus2 beginian hrs ke pusat kota bantul yg jauhnya banget2 dari rumah krn rumahku di kota tapi administrasinya msk bantul. Tua di jalan, hehe…

    Btw ngakak baca obrolan hanif ma ibu2 itu, kekeuh lho dia mo ke eropa. Pasti kesampean suatu saat nanti :)

    • Eh mbak sekarang bisa lho ktp mana aja diurus di kanim manapun. Aku aja pake KTP Bandung ngurus di Bekasi. Iya emang repot ya kalo administrasinya jauh.

      Iya ih…semoga aja ya jadi kenyataan. Amin-amin YRA :)

  3. nambah lagi komennya, waktu aku perpanjang aku juga daftar online tapi semua selesai hari itu juga ,bayar ,interview,foto. tinggal ambil3 hari kemudia

    • Iya mbak harusnya bisa. tapiii entah kenapa yang kemaren itu attachment aku yang kebaca cuman 2 dokumen. Jadi ya hampir sama kayak yang offline. Heheheh :)

  4. Permisi Bu. Sebelum discan dokumen seperti KTP KK Akte dan Ijazah. Kita harus fotokopi dulu baru discan?
    Kalau misal saya datang ke Kanim Bekasi hari Senin tgl 6 kira” selesainya kapan ya? Soalnya ngeri ni mau lebaran takut pada mudik pegawainya.
    Terima kasih

    • Bisa di fotokopi dulu pak.

      Kalo dari pengalaman saya sih jadinya paspor itu sekitar seminggu. Kalo tanggal 6 kayaknya kemungkinan jadinya tanggal 13 atau 14 ya…

      Semoga membantu :)

      • Alhamdulillah saya hari ini sudah membuat paspor ke Kanim Bekasi. Hari Kamis tgl 16 Agustus baru bisa diambil. Halaman depan passpor teman saya kok ada nama depan, nama tengah dan nama keluarga? Sedangkan yang saya lihat foto paspor di blog ini tidak ada.

  5. Assalamu’alaikum wr wb,

    Silahkan berkunjung ke situs http://www.bekasimembangun.com.

    Besar harapan kami, situs tersebut dapat menginspirasi Anda untuk
    meningkatkan kualitas hidup. Dalam situs tersebut, kami
    sajikan kisah-kisah para guru-guru hebat, anak bangsa yang mengharumkan
    Indonesia di dunia internasional, masyarakat yang punya dedikasi tinggi
    dan para eksekutif yang andal.

    Jika dianggap bermanfaat, mohon keberadaan situs ini diinformasikan kepada
    kerabat dan teman sejawat.

    Dapatkan hadiah menarik bagi pengunjung situs http://www.bekasimembangun.com

    Terima kasih dan Tetap Semangat!.

    Wassalam,

    Isnawan Aslam
    CEO bekasimembangun.com
    isnawan@bekasimembangun.com

  6. Alhamdulillah,Terima-Kasih share pengalamannya mbak,semoga Allah Swt tetap menganugrahkan mbak sekeluarga ke-ikhlasan tuk berbagai hal2 yg bermanfaat seperti tulisan di atas,aamiin,Insya Allah saya besok ingin mengurus paspor

  7. mbak… mau tanya donk… kalau utk anak, pas aplod copy KTP yg diaplod apa ya? KTP ortu? oya, dokumen yg diaplod memang harus hitam putih (difotokopi dl br discan) ya mbak?… satu lagiiii kan saya jg baru mau buat paspor nah kl gt, pas aplod dokumen anak, paspor ortu blh dikosongin atau gimana? maaf banyak nanyanya hehehe… makasih yah…

    • yang di uplod FC ktp ayah/ibunya. Salah satu aja. Kalo saya kemaren gitu scan hitamputih. Paspor otu boleh kosong kalo memang ortunya belum punya paspor. Kalo udah punya di upload aja.

      Sama-sama :)

  8. Dear Mama Hanif tks bgt sharenya, krn aq jg baru mau buat paspor utk aq sm putriku, nah kmrn tuh dpt info dr tmn yg baru buat di Kanim Bekasi ktnya untuk anak skrg hrs buat buku paspor sendiri yah? Udh ga bisa jadi 1 buku paspor sm ibunya. Trs mau nanya sejak entry datanya di website smp dipanggil utk wawancara brp hari ya Mama Hanif ? Tks bgt sblmnya.. :)

    • Iya, untuk anak harus bikin sendiri sekarang.

      Dari entry data, kita kan bikin jadwal (kita yang pilih tanggalnya) kapan bisa datang langsung ke Kanim untuk verifikasi data. Na setelah itu, dilihat apakah wawancara bisa di hari yang sama pas verifikasi data itu atau besoknya. Kalo saya kemaren besoknya. Terus setelah wawancara, bayar dan foto baru beberapa hari kemudian kita ambil paspornya. kira2 semingguan lah paspornya jadi.

      Sama2… :)

  9. Ouw.. Jadi saat qta entry itu qta request sendiri untuk tanggal kedatangan ke Kanim untuk verif datanya ya mba ?
    Sori yah jd banyak nanya nih.. :) Coz sama sperti bbrp komentar tmn2 mba di atas rada males klo hrs urusan sm birokrasi dsna sementara qta sendiri masih gamang. :D

  10. Untuk penyerahan berkas bisa diwakilkan kan mba ??? Soalnya aku ga bisa ijin keluar kecuali pas nnti poto dan intvw.. Tpi kok, waktu aku ambil formulir dan srt pernyataan tidak dpt map kuningnya ?? Ini bermasalah ga mba ???

  11. alhamdulillah,Insya Allah tgl.26 Des 2012 saya foto dan wawancara,bnyk info yg belum di ketahui para pengurus paspor padahal tdk sedikit pula dr mereka yg sdh lanjut usia seperti : waktu pengambilan paspor,fasilitas daftar on-line,ukuran foto copy berkas,sampai ada yg hrs sarapan di kantor imirgrasi, yg mungkin menyebabkan biaya keluar yg tdk seharusnya, di awal saya ragu soal KK apakah KK dari ayah atau KK yg sy sebagai kepala rumah tangga,hal ini menyebabkan saya ngebut motor ngambil dulu ke jakarta,pas balik lagi pukul 11.30 Wib,waduh agak kecele jg,hehehehehehe,di tambah agak dikit dongkol tertulis jelas akhir penyerahan berkas pukul 12.00.

  12. Mamanya hanif, tanya donk.. Aku kan hri ini mo ngrus paspornya..tpi pas td mlm aku scan ga merhatiin klo kudu item putih dan sizenya hrus 300 kb.. Nah klo udah terlanjur upload berwarna bisa ke proses disana ga yah mba ???

    Mksh utk infonya :)

    Ditunggu utk balesannya..

  13. Alhmdlh bisa diproses.. Mksh byk utk infonya mama hanif.. Klo ga ada info blog ini saya ga tau apa ά̲̣̣̣̥Ĵά̲̣ yg hrus disiapin :)

  14. Mbak mau tanya lagiiiih… :D sy orang bekasi, tp gatau daerah bekasi :D hmmm ktnya kl ke kanim masuk lewat jalan samping KIA, itu kl dari arah MM ada di sebelah kanan/kiri jalan ya?… oya dulu pas buat paspor, hr ptama dan kedua selesainya jam berapa ya?… makasih.

  15. Sharing Membuat/Memperpanjang Passport 1 hari di Kantor Imigrasi kelas 3 Bekasi

    1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan
    a. Foto kopi KTP (perbesar 200%)
    b. Foto kopi Akte Kelahiran
    c. Foto Kopi KK
    d. Foto kopi Akta Nikah ( hal 1 s/d 4 digabung jadi 1 lembar foto kopi)
    e. Foto kopi Surat rekomendasi dari kantor jika bekerja
    f. Foto copy Passport jika ingin memperpanjang (perbesar 200%)

    2. Rencanakan kapan anda mau buat/perpanjang passport sebaiknya 1 minggu sebelumnya dokumen diatas sudah difoto copy

    3. Scan semua foto copy dokumen diatas, kemudian anda edit/resize hasil scan bisa menggunakan MS Office Picture Manager untuk merubah menjadi small document berukuran kecil (puluhan KB) karena saat mendaftar via online max semua dokumen yang diupload adalah 2 MB,

    4. Daftarkan untuk pembuatan/perpanjang passport secara online di website ipass.imigrasi.go.id:8080, pastikan anda memasukkan dengan benar dan mendapatkan bukti pendaftaran online kemudian jangan lupa diprint untuk dibawa pada saat pembuatan/perpanjang passport di kantor imigrasi

    5. Jika anda bisa izin datang siang ke kantor atau ada yang bisa diminta tolong, ada baiknya anda membeli dahulu map dan formulir pembuatan/perpanjang passport di kantor imigrasi, belinya di tempat fotokopi yang buka sekitar jam 7:30 atau 7:45 harganya Rp. 7000 perbuah, tiap formulir ada surat pernyataan bermaterai sebaiknya anda beli materai di kantor pos Rp. 6000 atau di Toko Rp. 7000 karena di foto kopi kantor imigrasi harganya Rp. 8000, saya datang untuk beli formulir tanggal 26 desember 2012 ( 2 hari sebelum buat/perpanjang passport)

    6. Jika anda ingin membuat passport untuk anak diperlukan surat pernyataan orang tua yang bisa diminta di tempat foto kopi gratis, surat pernyataan itu juga bermaterai, untuk dokumen anak bisa menggunakan KTP ayah/ibu-nya

    7. Isi formulir pembuatan/perpanjang passport dan surat pernyataan di rumah dengan tenang, pastikan anda mengisinya dengan baik dan benar

    8. Show Time, Saatnya datang ke kantor imigrasi, sangat disarankan anda sudah sampai di kantor imigrasi bekasi jam 6:00 atau paling telat jam 6:30, saya kemarin tanggal 28 Desember 2012 datang jam 6:40 dan sudah banyak masuk ke kantor imigrasinya, langsung letakkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan ke meja customer service untuk mendapatkan no antrian

    9. JIka anda membawa kendaraan langsung parkir di halaman kantor imigrasi saja, karena pagi-pagi belum pada datang tuh tukang parkir, jika sudah siang sebaiknya anda parkir di luar imigrasi karena jika didalam banyak sekali pungutan, retribusi, parkir dll

    10. Tanggal 28 Desember 2012 kemaren Alhamdulilah Pak Kanim bekasi Heru Santoso langsung turun tangan di meja customer service kelihatannnya dia kesal sama anak buahnya yang jam 7:00 belum pada datang padahal kantor sudah penuh dengan orang-orang yang akan buat/perpanjang passport, langsung deh dia panggil antrian yang akan bayar passport di loket 2, Dia panggil 1 by 1 hasilnya banyak yang ngga ada orangnya, kemungkinan besar orangnya lagi sarapan atau itu adalah bawaannya calo, jika calo biasanya ngga akan datang karena ketahuan dia bawa banyak orang dan langsung disemprot sama pak heru, dia juga bilang yang online bisa foto hari ini juga jika antriannya memungkinkan

    11. Saya jam 7:45 sudah dipanggil di meja customer service untuk cek dokumen, passport yang lama akan diminta untuk langsung disertakan di dokumen kita, kemarin saya mendapat no 1017,1018 dan 1019 (saya, istri dan anak) di loket 1, jika kita mendaftar online maka dokumen bukti pendaftaran online akan ditaruh di depan map dan disteples untuk membedakan dengan yang tidak online

    12. Semua dokumen asli harus dibawa untuk verifikasi, saya cek ternyata saya lupa bawa akte kelahiran hafizh, saya call ke rumah ternyata bunda hafizh masih dirumah belum jalan dan saya minta untuk dibawa, karena antrian baru no 7 saya putuskan untuk pulang kerumah menjemput bunda hafizh dan hafizh

    13. Alhamdulilah karena jarak dari kantor imigrasi ke rumah (galaxi) dekat 10-15 menit saya sudah sampai dirumah, langsung jalan tetapi baru di ujung jalan ketemu sama petugas kebersihan, bunda minta turun untuk pesan ke petugasnya agar sampah di rumah dibersihkan (di perumahan kami jika sampah kita bukan sampah rumah tangga maka petugas kebersihan tidak akan mengangkut) jadi harus minta petugasnya angkut dengan tidak lupa memberikan Rp. 10000

    14. Jam 8:30 kami sampai di kantor imigrasi, saya parkir di luar, ternyata no antriannya sudah no 20 (Alhamdulilah baru terlewat 1 nomor), bunda hafizh langsung masukkan dokumennya ke loket 1, saya ke tempat foto kopi untuk ambil surat pernyataan orang tua karena tanggal 26 desember saya lupa minta, tadi pagi saya minta ke petugas foto kopinya katanya dokumennya tercecer entah dimana, saya langsung isi dan taruh materai kemudian tanda tangan lalu berikan ke petugas di loket 1.

    15. Setelah selesai kita bingung loh kok bapak di loket satu bilang sudah selesai tunggu dipanggil, bunda hafizh bertanya, kapan dipanggilnya pak ? tunggu saja bu
    Kami dan anak yang no 20 bingung (anak ini sptnya baru lulus SMA bilangnya sih buat passport untuk kuliah lagi), akhirnya di dekat loket 1 ada bapak-bapak yang sudah pernah bikin passport di kanim bekasi, dia bilang biasanya 10 menit sdh dipanggil (bapak ini antri foto buat orang tuanya yang mau umroh)

    16. 10 menit berlalu akhirnya 15 menit kemudian mulai dipanggil dan kami dapat bukti penyerahan dan verifikasi dokumen, langsung kami letakkan bukti tsb di meja customer service untuk antri loket pembayaran/loket 2, Alhamdulilah karena kami sudah daftar online bisa bayar hari itu juga, jika anda tidak daftar online maka anda baru bisa bayar 3 hari kemudian, jadi anda harus pulang dulu itu yang terjadi sama anak no antrian 20 itu dia terpaksa pulang hehehehehe

    17. Karena penuh sesak banget kami sempat diserobot sama karyawati PT. Panelindo yang berjumlah 6 orang yang dikomandani bos-nya, padahal mereka no-nya 1021-1026 karena mereka licin dan bukti ada di istri kami diserobot mereka, kami dapat no 2140-2142, mereka dapat no 2134-2139, di sini kami juga baru tahu ternyata kalau yang daftar online ngga usah antri penyerahan/verifikasi dokumen, langsung aja ke loket 1 serahkan dan verifikasi dokumen anda

    18. Hafizh tidak suka dengan ruangan yang penuh sesak dan minta main diluar, akhirnya bunda hafiz yang antri, saya dan hafizh main diluar, sebentar terus saya putuskan jalan ke masjid Al Kautsar (masjid di jalan guntur dekat kantor imigrasi, kubahnya berwarna kuning) untuk shalat dhuha, ternyata masjidnya bagus dan lagi direnovasi jalan-nya dan dicat kamar mandinya, saya shalat dhuha sebentar dari jam 9:30 s/d 9:45

    19. Ternyata saat saya kembali masih no 2070-an dan ternyata no-nya dipanggil-panggil sama petugas orangnya ngga muncul-muncul, saya kira itu pasti no si calo, bayangkan calo itu sudah punya no antrian puluhan nomor, akhirnya karena tanggal 28 desember 2012 kemaren loket pembayaran cuma buka s/d jam 11 karena tutup buku/tutup tahun Alhamdulilah no-no si calo dilewatin, dipanggil no tidak datang dalam 1 menit langsung dilewat, baru sekitar no 2120-an baru muncul yang bener-bener antri/bukan calo, Alhamdulilah jam 10:30 no kami dipanggil, bunda hafizh langsung bayar Rp. 765.000 (1 orang Rp.255.000) dan langsung siap-siap untuk foto dan wawancara sore jam 3 nanti kata petugasnya, Alhamdulilah

    20. Karena bunda hafizh tidak masak, maka kami mampir ke McDonald BCP untuk beli makan siang, Saya minta dibungkus saja karena mau shalat Jum’at, Hafizh main di perosotan Mcdonald selama 5 menit, kemudian kami pulang kembali ke rumah

    21. Sebelum shalat jumat saya makan dulu karena pusing antri di Kantor imigrasi dan SMS pak bos minta cuti (karena saya kira saya hanya bisa penyerahan/verifikasi dokumen aja hari ini), setelah shalat jum’at saya tidur bangun jam 14:30, Alhamdulilah bisa istirahat, mandi kemudian shalat azhar di masjid kemudian siap meluncur ke kantor imigrasi untuk foto dan wawancara

    22. Jam 16:00 kami berangkat dari rumah sampai disana jam 16:15, bunda cek ternyata alhamdulilah udah no 2132 ( 8 no lagi), langsung tunggu di depan loket 3, Alhamdulilah Allah Maha adil karyawati PT. Panelindo yang serobot di loket 2 tadi siang gugur 4 orang dan tersisa 2 orang karena ternyata dokumen mereka tidak lengkap

    23. Jam 16:30 no kami dpanggil, bunda hafizh duluan yang foto, kemudian hafizh, nah pas hafizh ini yang susah karena dia ngga mau mingkem, dia mingkem tapi giginya kelihatan kata petugas fotonya giginya ngga boleh kelihatan, jadi terpaksa kami bujuk-bujuk dia supaya mingkem, orang-orang di luar loket 3 tertawa terbaha-bahak melihat tingkah hafizh (tapi maklum anak umur 3 tahun hehehehe), setelah hafizh kemudian baru saya yang terakhir, Alhamdulilah semua selesai jam 17:00

    24. Kami keluar dari kantor imigrasi dengan bersyukur Alhamdulilah kepada Allah bahwa kami bisa menyelesaikan misi yang sulit dalam 1 hari, oh iya passportnya bisa diambil 1 minggu lagi besok 4 Januari 2013, Pulang-nya kembali hafizh ingin main perosotan lagi di McDonald BCP, akhirnya kami mampir lagi untuk makan malam dan main perosotan

    25. Sebelum Maghrib kami pulang, hafizh masih mau main perosotan, saya bilang sudah kita mau pulang karena sudah mau maghrib, Alhamdulilah anak-anak lain yang main perosotan juga pada pulang, hafizh akhirnya mau pulang juga, kami shalat maghrib di Masjid Al Azhar kalimalang dan sampai rumah jam 19:00, Alhamdulilah kami bersyukur pada Allah karena sudah diberikan kemudahan untuk membuat/memperpanjang passport dalam 1 hari Amien

    Note: Jasa calo di kanim bekasi berkisar 600-700 Ribu Rupiah, mereka sangat profesional, mereka bisa mangkal di warung2 pinggir kanim dengan peralatan lengkap seperti notebook, printer, koneksi internet dll, jika anda sudah tahu tip & tricksnya sayang sekali jika anda masih menggunakan jasa calo

    Tip & Tricksnya

    1. Siapkan semua dokumen, foto kopi dan scan dokumen
    2. Daftarkan via online ipass.imigrasi.go.id:8080 semua dokumen yang dibutuhkan
    3. beli formulir dan materai beberapa hari sebelum datang kesana untuk buat/perpanjang passport
    4. Datang pagi hari sebaiknya jam 6:00 atau paling telat jam 7:30
    5. Pendaftaran online keuntungan-nya sbb:
    a. anda tidak perlu antri di loket 1 untuk penyerahan dan verifikasi (tetapi sebaiknya anda antri untuk diverifikasi awal di meja costumer service)
    b. Anda bisa bayar biaya passport hari itu juga (jika tidak online harus 3 hari lagi, artis doni kesuma yang datang jam 10 kecele oleh pak heru disuruh pulang dan datang lagi 3 hari lagi)
    c. Anda bisa foto dan wawancara hari itu juga, enak kan passport 1 hari langsung jadi tinggal diambil aja 1 minggu lagi hehehehehehe

    Demikian sharing saya semoga bermanfaat

    • terimakasih banyak sharing informasinya. saya hari ini (18/01/2013) baru selesai urus paspor hanya ‘one day service’ jadi saya tidak perlu bolak balik cuti hanya untuk buat paspor. :)

  16. Mamanya hanif mo nanya donk, kalau buat foto paspornya boleh pake kerudung apa harus dibuka,,
    Kan takutnya dah rapi2 berkerudung sampai sana suruh buka :(

  17. wuahhh lumayan lama ya mbak. aku pilih bekasi juga, krn mikir deket dr rumah. ternyata tetep ribet ya. banyak temen menyarankan di imigrasi karawang, tapi males krn jauh

  18. Maaf pak saya ada pertanyaan.
    Saya kn sdh dftr online, tp wktu kedatangan ke kanimnya hanya ada pilihan untuk dua minggu ke depan sejak dftr online. Sementara saya tidak bisa menunggu. Kalau sudah trlanjur saya dafarkan tapi saya abaikan itu dn langsung saja urus ke kanim itu masalah tidak ya?
    Trimakasih sebelumnya.

    • Bu sophie, saya ibu2 juga lho ;)

      Wah kalo seperti itu saya kurang faham. Coba ibu sopie telp langsung ke kanimnya. No telp kalo ga salah ada diatas.

      Maaf tidak banyak membantu ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s